Dapatkan Panduan Bisnis Online

usaha makanan Salah satu primadona jenis usaha rumah tangga adalah usaha makanan, baik makanan kemasan maupun makanan basah. Jenis usaha ini selaras dengan rata-rata kemampuan ibu rumah tangga di Indonesia yang pandai dalam hal memasak. Tidak sedikit pula kisah orang-orang sukses yang menjalankan bisnis makanan ini.

Membuat pekerjaan rumah menjadi bernilai ekonomis merupakan ide yang sangat brilian. Selain dapat memberi pendapatan tambahan, bisnis rumahan juga dapat memberikan ruang kreativitas yang tak terbatas bagi ibu rumah tangga. Berikut adalah beberapa tips yang perlu anda ketahui selaku ibu rumah tangga yang hendak memulai usaha makanan.

Tips Memulai Usaha Makanan:

Gali potensi dan kemampuan anda dalam memasak. Anda beruntung jika orang tua anda telah mendidik anda untuk memasak berbagai jenis masakan. Hal ini sangat membantu ketrampilan dan kemampuan anda dalam mengolah makanan. Meskipun usaha makanan ini dapat hanya memasak semangkuk mie instan saja, namun pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kreativitas adalah merupakan kunci sukses anda dalam menghasilkan produk makanan yang mungkin akan menjadi ciri khas anda.

Cari tahu bagaimana komentar orang-orang sekitar anda tentang berbagai masakan anda.  Agar dapat memiliki keyakinan dan kepercayaan diri, tidak ada salahnya jika anda meminta bantuan orang-orang sekitar anda untuk sekedar mencicipi atau mencoba kreasi masakan yang anda buat. Hasilnya dapat didiskusikan sebagai bahan masukan anda dalam memahami dan menentukan ciri khas selera masakan anda. Bahkan, terkadang produk makanan tidak harus enak, namun cukup memiliki ciri khas tertentu yang membedakan produk makanan anda.

Tentukan bentuk usaha anda, apakah usaha produksi atau pemasaran. Usaha produksi misalnya catering, pembuatan kue dan camilan, masakan yang diantarkan atau didistribusikan ke pengecer dan warung-warung. Usaha pemasaran misalnya anda membuka outlet atau warung yang menjual produk orang lain ataupun produk makanan anda sendiri. Menilik beban pekerjaannya, membuka outlet atau warung tidak disarankan, karena dapat menjadi sangat menyibukkan anda. Oleh karena itu, usaha jenis ini dapat dilakukan apabiila pekerjaan rumahan lainnya tidak terlalu banyak atau telah dapat teratasi dengan baik.

bisnis makananTentukan jenis produk makanan apa yang akan anda produksi, apakah makanan kemasan seperti makanan ringan atau makanan basah. Yang dimaksud dengan makanan kemasan seperti kue dan camilan. Produk ini relatif awet, sehingga dapat bertahan dari basi lebih dari 1 hari. Sementara itu, makanan basah adalah makanan yang dapat segera basi dalam waktu 1 hari, seperti makanan catering dan kue basah, termasuk gorengan. Masing-masing jenis memiliki keuntungan dan kerugiannya. Perhitungan ekonomis perlu dilakukan dengan cukup seksama dalam pemilihan jenis makanan ini.

Tentukan sasaran pemasaran anda. Meskipun pasar yang anda bidik mungkin sangat besar dan sangat kompetitif, tidak ada salahnya apabila melakukan pentahapan dan penentuan prioritas pasar anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga resiko yang dapat merugikan anda dan mengukur seberapa besar peluang usaha makanan yang akan anda jalankan.

Mulailah dari langkah yang paling sederhana. Jangan terburu-buru bermimpi membuat sebuah usaha berkelas industri. Hal ini kerap terjadi kepada pengusaha-pengusaha muda yang terburu nafsu untuk memperbesar usahanya tanpa melewati tahapan-tahapan perkembangan manajemen. Modal yang besar memerlukan manajemen yang ekstra hati-hati dan penanganan yang terkadang terasa merepotkan. Lebih baik anda memulai dengan modal secukupnya, kemudian memperbesar modal secara bertahap. Ingat! Modal ibarat bumerang, ia dapat menjadi senjata yang mematikan bagi musuh, namun juga dapat mengenai pemilik senjata itu sendiri.

Demikianlah beberapa tips memulai usaha makanan namun ada hal yang perlu diingat yaitu jauhkan rasa takut terhadap resiko kegagalan. Hal ini membuat anda akan selalu mengurungkan atau menunda niat untuk memulai. Setiap usaha pasti memiliki resiko akan kegagalan termasuk usaha makanan, namun kegagalan bukanlah akhir dari sebuah kisah namun sebuah ujian yang akan membuat pondasi bisnis anda semakin kuat dan kokoh.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 3.3/5 (3 votes cast)
6 Tips Memulai Usaha Makanan, 3.3 out of 5 based on 3 ratings

Filed under: Bisnis